Biografi Marjinal

Marjinal merupakan band yang beraliran Punk-Rock yang berasal dari Jakarta, Indonesia.
Marjinal pertama kali terbentuk pada tahun 1997 dengan formasi awal Romi Jahat (vocal), Mike (gitar), Steven (drum), Bob (bass).

Awal mula terbentuk band Marjinal mempunyai nama AA (Anti ABRI), lalu mengubah namanya lagi menjadi AM (Anti Military).
Lalu pada tahun 2001 mereka mengubah namanya menjadi Marjinal.

Nama ini di ambil berdasarkan dari isi di dalam lagu-lagu mereka yang banyak mengambil tema tentang kritik-kritik sosial dan masyarakat kaum bawah.
Dan juga terinspirasi dari perjuangan seorang buruh wanita yang bernama Marsinah, yang sangat berani dalam memperjuangkan Hak-nya sebagai seorang buruh.

Taring Babi adalah tempat bernaungnya Marjinal dan juga kawan-kawan komunitasnya yang berada di kawasan Gang Setia Budi, Setu Babakan, Jakarta Selatan.
Bersama dengan komunitasnya Marjinal memberikan hal-hal positif seperti membuka Distro, Workshop, dan juga pembelajaran tentang arti dari sebuah musik punk dan juga isi di dalam lagunya (secara tidak langsung) terhadap komunitasnya.

Selama perjalanan karirnya dalam bermusik Marjinal banyak melakukan perombakan formasi dan hingga sekarang banyak tercatat nama-nama yang mengisi Line-up Bandnya seperti Che Monkey (gitar), Acay Lee (drum), Ekal (vokal), Sisi (vocal), Ableh (gitar), Asep (vocal), Arief (drum).
Dan formasi fix hingga sekarang Marjinal ada Romi Jahat (vocal), Mike (gitar), Bob (bass), Proph (drum).

Sampai saat ini Marjinal sudah mengeluarkan beberapa Album dalam karirnya di belantika musik Punk Indonesia.
Album pertama Marjinal diberi nama Anty Military yang di rilis pada tahun 1999.
Lalu ditahun 2000 Marjinal juga mengeluarkan Album yang diberi nama Termajinalkan.
Dan pada tahun 2005 Marjinal merilis Album mereka yang sudah direkam dengan alat-alat yang cukup mumpuni dan memiliki karakter yang kuat dan sangat berbeda sekali dengan album-album mereka sebelumnya.
Hal itu bisa dilihat dari segi cover album dan hasil rekaman.
Album ini diberi nama Predator.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here