Genre Musik Dunia Underground (Part I)

Mungkin kalian sudah banyak tau apa saja genre-genre yang biasa kita dengar ataupun kita lihat di gigs/event tempat asal kita. Nah,disini aku mau berbagi tentang genre apa aja yang biasa ada di dalam dunia underground dan juga sub-genre yang ada di dalamnya
Sebelumnya aku ingin menjelaskan pengertian dari genre.

Genre Musik adalah pengelompokan musik sesuai dengan kemiripannya satu sama lain. Musik juga dapat dikelompokan sesuai dengan kriteria lain, misalnya geografi. Sebuah genre dapat didefinisikan oleh teknik musik, gaya, konteks, dan tema musik.

Lalu sub-genre apa lagi itu? santai.. aku kasih ni pengertiannya.
Sub-Genre adalah turunan dari suatu genre atau bisa di bilang anaknya suatu genre dan biasanya jenis musiknya terdengar memiliki unsur dari genre yang di ambil sub-genre tersebut.

Nah jadi uda pada taukan? oke langsung aja ya kita bahas satu-satu, Artikel ini aku buat berdasarkan pengetahuan pribadi aku sendiri, jadi kalo ada salah-salah dikit mohon di kritik di kolom komentar, semoga bermanfaat.

METAL
Metal adalah salah satu genre yang paling sering aku jumpai didunia underground, mungkin anda juga begitu. Genre ini memiliki banyak sub-genre, diantaranya ada Black Metal, Death Metal, Heavy Metal, Metalcore, Progresive Metal, dll.

PUNK
Bisa dibilang kalo gak ada aliran musik yang satu ini, gak akan pernah ada itu yang namanya musik yang kencang/keras seperti sekarang-sekarang ini. Yap, Punk awalnya bukanlah sebuah aliran musik. Karena disini kita bahas tentang aliran musik jadi nanti di lain kesempatan kita bakal telusuri lagi lebih mendalam tentang sejarah punk. Intinya Punk itu merupakan cikal bakal dari semua musik keras yang kita dengar saat ini.
Punk adalah genre musik yang beraliran cepat, ciri khas dari suara gitar yang melengking ditambah paduan distorsi dan juga pukulan senar drum yang juga sangat cepat.
Genre ini memliki beberapa sub-genre, diantaranya Punk-Hardcore, Punk Rock, Mellodic Punk, dll.

GRUNGE
Jangan sampek ada yang lupai deh aliran yang satu ini. Grunge ini biang keroknya dan juga cikal bakal terciptanya aliran punk. Walaupun dewasa ini Aliran grunge sudah jarang terdengar, namun lagu-lagu dari para pelopornya terdahulu seperti Nirvana tetap nikmat untuk didengar.

HARDCORE
Hardcore merupakan turunan atau sub-genre dari punk. Musik dan aksi panggungnya sih hampir sama dengan punk, yang membedakan suara nada vocal yang lebih terasa berat di aliran ini.
Para penikmat aliran ini memiliki tariannya sendiri untuk mengekspresikan diri mereka atau biasa disebut moshing yang juga menjadi ciri khas dari aliran musik Hardcore tersebut.

HEAVY METAL
Pada awal tahun 70an katanya sih awal mulanya aliran Heavy Metal ini terdengar, ciri khas dari Heavy Metal yaitu distorsi gitar yang sangat tebal dan juga ketukan senar yang kencang yang diikut sertakan oleh suara vokal yang berat.
Pelopor awal aliran ini adalah Led Zeppelin, Deep Purple, Black Sabbath, dll.

DEATH METAL
Death Metal merupakan salah satu dari sub-genre metal yang paling aku sukai. Death Metal memiliki ciri khas lead-lead gitar yang cepat, permainan drum dan bass yang juga super cepat. Di dalam Death Metal vokalis memiliki peran yang sangat penting karena harus menguasi beberapa tekhnik vokal seperti Growl, Pig squiles (terdengar seperti suara babi) , dan Scream.
Walaupun sekilas terdengar kita tidak tahu kata apa yang dikeluarkan dari mulut vokalis band-band Deat Metal, Namun lirik-lirik lagu yang ada didalam aliran ini sangat-sangat dalam artinya jika kita menikmatinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here