Musik Underground

“UNDERGROUND MUSIK”
Apa yang pertama kali kamu pikirkan mendengar kata underground ? Mungkin sebagian dari kita beranggapan musik underground adalah musik yang asal-asalan atau hanya musik yang tidak mempunyai nilai seni dan hanya mengandalkan distorsi.

Namun mungkin anda harus membaca artikel yang saya buat ini,mungkin akan membuat anda lebih menghargai musik-musik underground.

“Do It Yourself”

Disini gue ingin meluruskan anggapan tersebut agar tidak terjadi kesalah pahaman.
Underground Musik bukanlah sebuah genre atau sub-genre. Underground Musik atau lebih enak kita menyebutnya musik underground hanyalah sebuah sebutan untuk komunitas-komunitas musisi atau band-band yang tergabung dalam berbagai jenis genre, seperti: Metal,Punk,Hardcore dll.

Dalam hal ini komunitas Underground memiliki prinsip D.I.Y yaitu “Do It Yourself” atau melakukan segala sesuatunya dengan berusaha berdiri sendiri tanpa ada bantuan dari pihak manapun seperti label.

Dalam hal ini mereka merekam lagu mereka sendiri, memasarkan cd/merchandise dengan konsep pemikiran mereka sendiri.

Hingga membuat acara mereka sendiri dengan prinsip saling support antar sesama.
Intinya sih mereka tidak seperti band-band yang sering kita lihat di televisi, yang menganut sistem “mainstream”, mereka lebih suka melakukannya sendiri.

Komunitas yang cerdas

Kenapa saya mengatakan komunitas underground adalah komunitas yang cerdas ? Ya kembali lagi ke prinsip “Do It Yourself”,dari pengertian yang saya berikan tadi anda sudah menyimpulkan bahwa komunitas ini adalah komunitas yang cerdas.

Ada beberapa alasan lagi mengapa saya mengatakan begitu, seperti dalam bermusik misalnya “Metal” genre ini adalah genre yang bisa di bilang bukan orang asal-asalan yang bisa memainkan musiknya, ya karena di dalam musik metal itu terdapat lirik-lirik yang sangat dalam artinya walaupun sebagian dari kita tidak mengetahui apa kata yang di nyanyikan oleh sang vokalis, namun di dalam bernyanyi memerlukan tekhnik yang khusus, seperti mengeram atau menjerit sebagai ekspresi dalam menyanyikan lirik-lirik yang ada di dalamnya.

Dan di dalam genre Metal ada istilah Metal Is Power, Saya rasa anda juga sudah sering mendengar riff-riff gitar yang di mainkan dengan jari super cepat dan hampir tidak ada kesalahan sedikitpun terdengar, nah tekhnik ini bagi sebagian gitaris sangatlah sulit bahkan mungkin bagi gitaris yang sering muncul di televisi dan mungkin hanya beberapa orang saja yang bisa menguasainya.
Dalam hal ini saya tidak salahkan mengatakan komunitas Indie (Underground Musik) ini merupakan komunitas yang sangat cerdas.
Dan bukan hanya genre metal saja yang susah dan penuh konsentrasi tinggi dalam memainkan musiknya, genre seperti Hardcore,Punk,Rock n Roll dll termasuk semua sub-genre di dalamnya Juga sangatlah susah dalam mempraktekkannya.

So.. mari kita jadikan komunitas cerdas kita menjadi lebih cerdas lagi dalam hal berkarya dan berekspresi.

Jangan takut bersuara jika benar dan saling support itu perlu.
Satu lagi “Do It Yourself”.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here